Friday, September 15, 2017

Tomcat VS Kumbang Rove

Sesudah serangan serangga berbentuk ulat bulu yang menyerang banyak daerah di Jawa Timur diantaranya Banyuwangi, Bondowoso, Probolinggo serta Pasuruan satu tahun lebih waktu lalu, Surabaya berlangsung serangan serangga yang bernama Tomcat atau Kumbang Rove.

Tomcat atau kumbang Rove yaitu nama serangga yang digemparkan warga Surabaya beberapa waktu terakhir. Tomcat bukanlah cat yang berada di film kartun kucing serta tikus Tom serta Jerry, ketidaksamaan pada Tomcat serta Tom di film kartun, Tom rivalnya Jerry menggigit sedang Tomcat keluarkan racun jika terganggu keberadaannya.
Tomcat banyak berkeliaran di pemukiman masyarakat dekat sawah hingga Minggu (18/3/2012), ada 14 tempat yang dirambah serangga ini, ” katanya, Senin (19/3/2012).

Serangga ini menyerang dengan sporadis. Tempat yang terserang diantaranya, Apartemen Pakuwon City, SD Al-Muttaqien, Jl Plemahan Besar, Jl Dukuh Kupang 10, Jl Simorejo Timur, Asrama Mahasiswa Unair Universitas C Mulyorejo, sampai Jl Manyar Indah.

Yang paling banyak terserang yaitu lokasi Kecamatan Mulyorejo (ada lima tempat), Kecamatan Sukolilo (dua tempat), Tegalsari, Sawahan, Jambangan, Rungkut, Bulak, Sukomanunggal, serta Gunung Anyar.
Serangan oleh serangga Tomcat ini telah berlangsung pada satu tahun lebih waktu lalu di beberapa daerah di Jawa Timur termasuk juga daerah Surabaya.

Karena toksin Tomcat.
Pakar serangga dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Aunu Rauf, mengungkap kalau tomcat sesungguhnya tidak menyengat serta menggigit. Tetapi, saat terganggu, serangga ini juga akan keluarkan cairan toksin bernama paederin.

" Cairan ini yang mengakibatkan warga alami kulit melepuh serta gatal seperti yang dihadapi di Surabaya. Cairan dapat keluar bila serangga ini dipencet, tutur Aunu yang th. lantas juga pelajari mengenai merebaknya ulat bulu ini, di kompas. com

Panduan Hindari bahaya Tomcat
Untuk hindari bahaya serangga Tomcat ada cara-cara.

Janganlah ditepuk
Apabila ada tomcat yang hinggap di badan, janganlah kadang-kadang coba mengusir dengan menepuknya. Pasalnya, bila itu dikerjakan, tomcat juga akan keluarkan toksin.

Goyangkan badan
Untuk menjatuhkan tomcat, cukup menggoyangkan sisi tubuh sampai serangga itu terjatuh. Lalu baru memijaknya sampai mati memakai alas kaki. Begitu tomcat akan tidak keluarkan toksin-nya.

Bersihkan sisa tomcat
Sesudah berhasil dimatikan dengan diinjak, seorang mesti segera bersihkan noda yang berada di lantai, supaya racun yang ada tidak tersentuh.

Luka basah janganlah terkena cahaya matahari
Bila seorang telah terlanjur terserang infeksi hingga mengakibatkan luka, jangan pernah luka yang masih tetap basah terserang cahaya matahari. Hal semacam ini bisa mengakibatkan sisa hitam dari luka susah di hilangkan.

Basuh dengan air serta sabun
Apabila telanjur terkena racun, selekasnya membilasnya dengan air dan sabun. Baru lalu pakai salep anti gatal.

Salep
Untuk salep yang direferensikan yaitu salep Acyclovir 5 % yang dapat diperoleh di toko obat atau apotek paling dekat.

Tomcat beracun namun tidak mematikan.
Walau toksin dari tomcat lebih dari toksin ular kobra, toksin tomcat cuma merasa di kulit berlainan dengan toksin ular kobra yang segera tentang system saraf, oleh karenanya warga orang-orang dihimbau tidaklah perlu cemas terlalu berlebih.

No comments:

Post a Comment